Jika ada yang bertanya: "Bagaimana anda beriman kepada malaikat?". Maka jawablah: "Bahwasanya malaikat itu banyak ssekali dan bermacam-macam tingkahnya, perbuatan (pekerjaan) nya dan bentuknya". Diantara para malaikat itu adalah:

1) Malaikat Hamalatul 'Arsyi

Yaitu para malaikat pemikul 'Arsy. Mereka ini tingkatan para malaikat tertinggi dan pertama kali diciptakan. Mereka di dunia ada empat dan di hari kiamat kelak ada delapan. Bentuknya seperti kambing, antara tapak kaki sampai lututnya dapat ditempuh perjalanan tujuh puluh tahun bagai burung yang cepat terbangnya.

2) Malaikat Haaffun

Yaitu para malaikat yang mengelilingi Arasy. Wahab bin Munabbih berkata: "Bahwasanya di sekitar Arasy itu ada 70.000 barisan malaikat. Satu baris di belakang barisan itu berhadapan. Mereka membaca tahlil dan yang lain membaca takbir.

Di belakang 70.000 barisan malaikat yang berdiri, ada 100.000 barisan malaikat yang meletakkan tangan kanannya pada tangan kirinya dengan membaca tasbih. Antara satu sayap jaraknya perjalanan 800 tahun. Antara daun telinga dengan pundaknya jaraknya perjalanan 400 tahun.

3) Malaikat Ruhaniyun

Yaitu malaikat bangsa ruhani, mereka berada di bumi putih seperti marmer, luasnya seluas perjalanan matahari 40 hari, panjangnya tidak ada yang mengetahui kecuali Allah. Suara mereka sangat ramai dengan bacaan tasbih dan tahlil. Andai kata suara mereka dibuka dan diperdengarkan pada penduduk bumi maka mereka sungguh hancur karena kerasnya suara itu.

4) Malaikat Karabiyyun

Mereka adalah kepala-kepalanya para malaikat yang berada di sekitar Arasy.

5) Malaikat Safarah

Yaitu para malaikat yang menjadi penghubung antara Allah dengan para Nabi dan orang-orang saleh. Mereka inilah yang menyampaikan peritah-perintah Allah melalui wahyu, ilham dan mimpi yang baik kepada para Nabi dan orang-orang saleh. Mereka juga sebagai penghubung antara Allah dengan para mahluk-Nya, mendatangkan bukti ciptaan Allah. Malaikat Safarah ini ada empat, yaitu Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail.

6) Malaikat Hafadhah

Muhammad Al Khalili berkata: Diriwayatkan, bahwa Sahabat Utsman bin Affan ra.bertanya kepada Nabi SAW.: "Berapakah malaikat yang menjaga manusia?". Nabi bersabda: "Ada dua puluh malaikat".

7) Malaikat Katabah

Mereka adalah para malaikat yang memindahkan ketetapan-ketetapan dari Lauhil Mahfudh.

Mencintai para malaikat termasuk syarat sahnya iman dan membenci malaikat adalah kufur, berdasarkan firman Allah:

"Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, dan Rasul-rasulNya". (Surat Al Baqarah:285).
Published with Blogger-droid v1.7.4

0 komentar