Kemiri Bisa Jadi Bahan Susu Formula Bayi

ilustrasi (foto: Thinkstock)
Hampir semua ilmuwan sepakat bahwa ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan terbaik bagi bayi, begitu pula dengan ilmuwan dari University of Georgia, AS. Namun baru-baru ini salah satu peneliti dari universitas tersebut menemukan bahan yang diklaim bisa jadi susu bayi terbaik kedua setelah ASI yaitu dari minyak hazelnut atau kemiri.

Adalah Casimir Akoh, profesor ilmu dan teknologi pangan di College of Agricultural and Environmental Sciences, University of Georgia yang mengembangkan nutrisi baru untuk bayi yang disarikan dari minyak kemiri. Akoh mengklaim struktur minyak kemiri sama halnya dengan struktur ASI sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan susu formula yang menyehatkan bayi.

Secara alami, tubuh ibu menyediakan asam lemak omega-3 atau DHA (docosahexaenoic acid) dan asam lemak omega-6 atau ARA (arachidonic acid) bagi bayinya selama 3 bulan terakhir masa kehamilan dan saat menyusui. Kedua asam lemak tersebut sangat penting bagi perkembangan otak dan organ bayi lainnya.

Dalam temuan yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, Akoh mengemukakan bahwa lemak dari minyak kemiri juga mengandung DHA dan ARA yang posisi molekulernya sama dengan yang ditemukan pada ASI.

"Profil asam lemak ASI merupakan standar emas jika kita ingin merancang komposisi lemak bagi susu formula bayi," ujar Akoh seperti dilansir dari upi.com, Minggu (27/5/2012). "Struktur lemak ASI yang unik juga meningkatkan pencernaan dan penyerapan asam lemak serta kalsium."

Selain itu, Akoh merancang bahan susu formula berbasis minyak kemiri ini dengan meletakkan seluruh komponen dalam satu molekul. Molekul baru ini juga memasukkan asam palmitik di tengah-tengahnya, yang juga ditemukan secara alami pada lemak ASI dan asam oleat pada minyak kemiri.