Batavia Air Tambah Lima Armada Airbus 320

Ilustrasi pesawat Batavia Air [google]

[JAKARTA] Batavia Air berencana mendatangkan lima pesawat Airbus 320, sebagai pengganti empat pesawat yang sempat dikurangi, sekaligus untuk kegiatan peremajaan pesawat di Batavia Air.

Kelima pesawat tersebut direncanakan mengisi jalur- jalur- jalur Jakarta- Padang, Jakarta-Medan, Jakarta- Merauke.  

Demikian Manajer PR Batavia Air, Elly Simanjuntak, di Jakarta, Jumat (1/6).   Penambahan dan pengurangan pesawat bagi Batavia Air, kata dia, adalah proses yang wajar dan rutin dilakukan sebagai salah satu strategi bisnis, sekaligus untuk peremajaan armada dan penyesuaian jumlah SDM serta menjaga kualitas layanan.    

Lebih lanjut dikatakan,  kedatangan lima pesawat tersebut  tengah disiapkan oleh tim terkait.   Sebelumnya di bulan Maret 2012, Batavia Air sempat melakukan pengurangan jumlah armadanya dari  37 menjadi  33 unit.  

Ada empat pesawat Batavia Air yang dikembalikan ke lessor, yaitu dua Boeing 737-400 dan Airbus 320-200. Alasan dikembalikannya Boeing 737-400 lebih dikarenakan kondisi jumlah pilot yang tidak seimbang dengan total pesawat.

Dia juga mengungkapkan, pengembalian dua Airbus 320 lebih disebabkan harga sewa pesawat tersebut terlalu mahal dan sudah tidak sesuai dengan harga market.  

"Jadi, bukan dikarenakan adanya krisis finansial dalam perusahaan Batavia Air," katanya.  

Selain itu, langkah tersebut juga dilakukan  dalam rangka penyeimbangan antara sumber daya manusia yang ada seperti pilot dan pramugari dengan jumlah armada yang sesuai.    

Pengurangan armada tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan On Time Performance, delay bisa ditekan, produktivitas dimaksimalkan sesuaikan dengan SDM, dan profitabilitas pun bertambah.

Menurut data sementara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, selama periode Januari-November 2011, dari enam maskapai di Tanah Air, tercatat ada tiga maskapai yang memiliki on time performance di atas 70%, yaitu Garuda Indonesia 84,36%, Batavia Air 72,08%, dan Air Asia 71,09%.

Saat ini Batavia Air memiliki 33 armada terdiri dari 15 Boeing 737-300, sembilan Boeing 737-400, 1 Boeing 737-500, 1 Airbus 321, lima Airbus 320, dan dua Airbus 330. Dari keseluruhan armada tersebut Batavia Air memiliki sendiri 18 armada.  

Batavia Air akan lebih fokus mengembangkan secara optimal pasar domestik yang secara tidak langsung ikut mendukung dan meningkatkan perekonomian daerah, khususnya di sektor industri pariwisata.

Sementara, untuk rute internasional Batavia Air akan lebih mencari peluang di kawasan Asia Pasifik. [E-8]




sumber artikel

0 komentar