Hari Ini Planet Venus Melintasi Matahari

Planet Venus (titik hitam) tengah melintasi matahari.
 Transit Venus adalah salah satu peristiwa alam langka di
 jagat raya. [google]

[CANBERRA] Astronom di seluruh Australia, Asia Timur, dan Pasifik akan mengarahkan teleskop ke langit untuk menyaksikan Venus melintasi permukaan matahari. Peristiwa ini terjadi sekali dalam 105 tahun.

Transitnya planet Venus ini tampak di benua Australia pukul 08.15 pagi waktu Australia Timur. Fenomena astronomi ini terjadi secara berpasangan, dengan perbedaan jarak waktu delapan tahun.

Tapi dibutuhkan waktu lebih dari satu abad bagi salah satu pasangan untuk muncul. Pasangan berikutnya akan muncul lagi di tahun 2117.  

Astronom Australia, Martin George berada di Tasmania, yang menurutnya merupakan salah satu lokasi terbaik di dunia untuk mengamati Venus hari ini.  

Menurutnya, apa yang disaksikan dalam fenomena ini adalah sebuah titik hitam yang bergerak mengelilingi piringan matahari. Titik hitam itu adalah planet Venus. Proses keseluruhan akan memakan waktu enam setengah jam dan akan dimulai pukul 8.16 dan selesai pukul 2.44 di siang hari.  

Sejauh ini hanya enam peristiwa transit Venus yang direkam. Tercatat 53 transit Venus di matahari antara tahun 2000 sebelum Masehi, dan yang terakhir adalah di tahun 2004.  

Menurut para ahli, kacamata hitam biasa tidak cukup kuat untuk melihat peristiwa ini. Disarankan untuk menggunakan teleskop profesional atau pergi ke planetarium. [ABC/L-8]




sumber artikel