Facebook Hentikan Fitur Cari Teman Terdekat

Facebook telah menghentikan layanan Find Friends Nearby karena alasan privasi

Facebook saat ini telah menghentikan fitur "Cari Teman Terdekat" (Find Friends Nearby). Hal itu dilakukan untuk menghargai privasi pengguna Facebook.

Seperti dikutip dari ABCNews, fitur Find Friends Nearby ini memungkinkan pengguna Facebook bisa mengetahui pengguna Facebook yang lain atas minat atau ketertarikan yang sama. 

Namun untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pengguna Facebook bisa login di www.fb.com/fFN di ponsel. Situs ini akan meminta pengguna untuk memilih ketertarikan terhadap sesuatu untuk disesuaikan dengan orang lain. Misalnya suka di pusat perbelanjaan, saat fitur ini diaktifkan maka pengguna Facebook lain bisa melihat siapa saja yang ada di pusat perbelanjaan tersebut.

Sebenarnya, menurut situs TechCrunch, fitur ini belum secara resmi dirilis oleh Facebook. Tapi fitur ini sudah bisa digunakan dan hanya bertahan selama dua bulan masa percobaan.

Facebook lantas menghentikan fitur Find Friends Nearby ini setelah situs besutan Mark Zuckerberg tersebut mengakuisisi Glancee, sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk mencari teman dekat dengan ketertarikan yang sama. Jadi, kedua aplikasi tersebut mirip fungsinya.

"Kami terus menguji fitur baru, tapi tidak akan membagikannya saat ini," kata juru bicara Facebook.

Facebook juga beralasan penghentian layanan ini dimaksudkan agar pengguna Facebook tidak dimanfaatkan oleh orang asing (orang yang tidak dikenal sebelumnya).

"Ini bukan rilis formal. Ini sebatas pengujian sementara. Jika kami sudah melakukan tes secara penuh (terhadap dua fitur tersebut) maka fitur ini akan dirilis secara penuh, tentunya hanya akan dirilis salah satu," tambahnya.