Asyiik, Jakarta Gratis Wifi 2015


Untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota broadband, pemerintah provinsi DKI akan menyediakan fasilitas Wireless Fidelity (Wifi) di fasilitas-fasilitas publik.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan DKI Jakarta, Sugiyanta, mengatakan, direncanakan pada akhir tahun 2013, pemasangan wifi pada fasilitas publik akan direalisasikan.

"Akan dilakukan secara bertahap. Sekitar 2013 atau 2014 kelurahan dan rumah sakit di Jakarta akan dipasangkan wifi gratis. Kemudian dilanjutkan di mesjid-mesjid, gereja, dan tempat ibadah lainnya. Kami targetkan, 2015 semua fasilitas publik sudah dipasang wifi, " ujarnya di Jakarta, Rabu, (29/8).

Sementara itu, direncanakan pada 1 September nanti, kata Sugiyanta, Pemprov DKI akan menyediakan layanan internet gratis di beberapa lintasan busway.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengungkapkan layanan internet gratis tersebut baru bisa dinikmati oleh pengguna busway yang melintasi jalur Air Mancur Bundaran HI-Bundaran Senayan dan lintasan busway Grogol-Cawang.

“Sementara baru lintasan itu dulu. Nanti dari mobil juga bisa (mengakses internet). Sepanjang jalur tersebut sudah ada hot spot-nya,” ucapnya.

Layanan internet gratis ini sebelumnya juga telah dipasang di beberapa ruang publik seperti di Taman Menteng, Monumen Nasional, Taman Ayodia, Halte Busway Harmoni, dan Halte Busway Dukuh Atas.

Layanan wifi gratis di jalur busway itu, jelas Sugiyanta, tidak memakan anggaran yang besar. Anggaran yang digunakan untuk penyediaan layanan ini diperoleh dari konpensasi melalui kerja sama DKI dengan perusahaan pengguna fiber optic.


sumber artikel