Mau Jatuh Cinta di Dunia Maya? Baca Ini Dulu

Mau Jatuh Cinta di Dunia Maya? Baca Ini Dulu
TEMPO/Budi Yanto

Berkenalan di dunia maya lalu kopi darat dan "jadian" adalah salah satu upaya mencari cinta. Tapi tak semua kisah berakhir bahagia seperti Meg Ryan di film You''ve Got A Mail. Terkadang sosok yang dibayangkan dalam komunikasi daring tak sesuai dengan kenyataan.

Sebab, kecenderung orang untuk menjadi pribadi yang sebenarnya tak bisa dilakukan di dunia maya. Dunia maya adalah tempat yang aman jika manusia ingin menjadi apa pun tanpa harus melihat risiko langsung atau penolakan.

Lalu, bagaimana untuk mencegah agar tidak bertemu dengan orang yang salah? Berikut ini ada tip dari yourtango.com.

1. Meng-google-ing
Google adalah sumber segala. Gunakan media ini untuk mencari latar belakang, identitas, dan sosok calon pasangan di dunia maya. Memang tidak semuanya berhasil, tapi paling tidak Anda bisa menemukan cara untuk mengetahui orang-orang terdekatnya.

2. Mencatat apa pun tentang calon pasangan
Jika sesuatu terasa janggal, percayalah dengan intuisi Anda. Coba kuak kejanggalan yang Anda temukan tentang si dia sebanyak mungkin.

3. Jangan abaikan peringatan
Usahakan sesegera mungkin bertemu. Pertemuan langsung akan memudahkan Anda mengenali pasangan. Jika memang si dia serius dengan Anda, tidak ada yang terlalu sibuk untuk meluangkan waktu bertemu.

4. Gunakan aneka media
Internet menyediakan banyak cara untuk bertatap muka langsung. Seperti Skype, Gtalk Video, atau Facebook Chat Video. Aplikasi ini akan mempermudah Anda untuk melihat sosok calon kekasih. Jika mereka tak mau menggunakan video chat dengan alasan yang tak masuk akal, abaikan saja keseriusan si dia.

5. Bergabunglah dengan situs kencan yang terverifikasi
Banyak situs kencan yang sekarang menggunakan aneka pengaman untuk anggota mereka. Situs-situs ini berusaha mencegah disusupi predator atau scammer.

Di antara semua tip di atas, yang terpenting adalah insting dan akal sehat. Jika Anda merasa ada sesuatu yang salah, bicaralah dengan teman atau kerabat. Minta nasihat mereka. Usahakan untuk mengorek semua informasi dasar tentang calon pasangan hingga Anda merasa nyaman untuk meneruskan hubungan. Selamat mencoba!

DIANING SARI | tempo.co