Menghapus Master Password Mozilla Firefox

Menghapus Paksa Master Password Mozilla Firefox


Mozilla Firefox kini menjadi browser yang semakin populer. Hampir setiap Internet Cafe kini menggunakan Browser Mozilla Firefox sebagai browser utama mereka. Hal ini wajar karena disamping merupakan browser yang cukup secure, Mozilla Firefox juga memiliki tampilan yang menarik, kecepatan yang baik dan memiliki harga yang sangat bagus (Mozilla Firefox bisa anda dapatkan GRATIS!!). Dukungan Plugin yang dimilikinya disebut-sebut sebagai kekuatan utama browser ini.

Salah satu fitur menarik dari browser ini ialah fasilitas untuk menyimpan Username dan Password user dari suatu Login form yang disetujui oleh user sehingga nantinya user tidak perlu memasukkan username dan password lagi ketika membuka halaman situs yang sama (Password Manager). Fasilitas ini di satu sisi membawa keuntungan jika komputer yang dipakai merupakan komputer pribadi. Namun privasi akan terancam tatkala user menerapkannya di komputer publik karena siapapun akan mampu melihat username dan password user yang tersimpan didalamnya.

Karena itulah Mozilla menyediakan fasilitas Master Password untuk megontrol hal ini sehingga hanya user tertentu saja yang dapat menggunakan Password Manager. Begitu user lain ingin menggunakan fasilitas Password Manager, Mozilla akan meminta user untuk memasukkan Master Password.

Master Password

 Jika user berusaha mendisable Master Password, user akan dimintai untuk memasukkan Master Password.

Master Password

Tapi.. hehehehe.. ^_^ kita yang biasa berburu Password melalui Password Manager tidak usah terlalu risau akan hal ini. Walaupun Mozilla Firefox mengatakan bahwa anda tidak akan memiliki akses penuh jika anda lupa Master Password, namun ternyata sangat mudah untuk menghapus Master Password tersebut tanpa harus tau passwordnya. Cara ini telah saya coba pada Mozilla Firefox versi 2.0.0.5. Berikut langkah-langkahnya:

 OPSI I:

1. Tutup semua jendela Mozilla Firefox anda yang masih terbuka.

2. Bukalah Search dengan menekan kombinasi tombol keyboard [Logo Windows] + F. Pilih opsi

   All Files and folders. Pada opsi More Advanced Options,  beri centang pada opsi Search

   system foldes,  Search hidden files  and  folders dan  Search subfolders. Carilah file

   dengan nama key3.db di Local Disc C: atau drive utama anda.



 3. Setelah ditemukan, hapus file tersebut. Kini bukalah Mozilla Firefox anda, masuk pada

   menu Tools -> Options..  lalu pergilah ke tab Security. Centang pada opsi  Use Master

   Password telah hilang ^_^

4. Beri centang pada opsi tersebut, masuklah pada menu Set Master Password dan anda pasti

   tersenyum mendapati bahwa kondisi Master Password kini seolah-olah belum pernah di set

   sebelumnya ;)

OPSI II:

Buka tab bari di firefox, copy perintah.teks berikut:

chrome://pippki/content/resetpassword.xul

Paste di tab baru tersebut dan tekan enter, kemudian kalain akan menemui jendela konfirmasi dan terdapat dua tombol. Baca terlebih dahulu peringatan yang ada sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan selanjutnya. Klik di tombol Reset untuk Reset Master Password Firefox, atau klik tombol Cancel untuk membatalkan.








Cukup mudah bukan?? Nah, dengan demikian, maka mulai sekarang anda harus ekstra lebih hati-hati dan lebih waspada lagi karena trik ini ternyata dapat dilakukan oleh siapapun dengan sangat mudah ;)



Selamat mencoba.. dan.. semoga bermanfaat .