Gejala/ Tanda Awal Penyakit Liver/ Hati

Gejala/ Tanda Awal Penyakit Liver/ Hati
Hati

Penyakit liver/ Liver. Mendengar penyakit satu ini seperti membayangkan sesuatu yang sangat mengerikan sekali. Sebenarnya apa penyakit liver itu ? Apa saja ciri-ciri penyakit liver ?

Seperti dikutip dari anneahira.com, penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang organ dalam yakni hati, atau penyakit hati. Bukan penyakit hati seperti cemburu atau yang lainnya, melainkan penyakit yang menyerang organ hati tersebut. Jika sudah menyerang hati maka fungsinya sebagi penyaring darah tidak akan bisa maksimal yang menyebabkan metabolisme tubuh tidak akan terkendali.

Oleh karena itu hati/liver harus dijaga sebaik-baiknya supaya tidak menimbulkan masalah yang serius. Bisa terlihat adanya pendarahan bila hati kita sudah tidak berfungsi lagi. Sel darah merah pun otomatis akan semakin berkurang, karena hati yang berfungsi untuk memproduksinya sudah tidak lancar lagi.

Untuk mengurangi terjadinya liver secara berkelanjutan, maka Anda harus mengenali gejalanya dari awal. Ada beberapa ciri-ciri penyakit liver yang harus kita ketahui di antaranya:


  1. Biasanya kulit kita akan berubah menjadi kekuning-kuningan. Bisa kita lihat dari mata, telapak kaki dan telapak tangan, bahkan hampir seluruh kulit berwarna kuning bila semakin lama tidak berusaha di obati.
  2. Warna urine akan menjadi kecoklat-coklatan seperti warna teh.
  3. Sering mengalami mual-mual di dalam perut.
  4. Selera makan akan semakin berkurang, sehingga pertahanan dan metabolisme tubuh akan terhambat.
  5. Berat badan akan turun secara drastis.
  6. Selain mual-mual akan sering juga mengalami muntah.
  7. Terjadi gejala diare.
  8. Warna kotoran ketika BAB akan terlihat pucat.
  9. Perut bagian kanan atas akan dirasakan lebih sakit dibanding yang lainnya.
  10. Badan akan terasa tidak nyaman dan malas untuk beraktivitas. Mudah mengalami rasa lelah ketika bekerja.
  11. Biasanya terjadi gatal-gatal pada seluruh bagian.
  12. Pembuluh darah akan semakin membesar.
  13. Kadar gula yang dihasilkan tubuh akan semakin rendah.
  14. Otot akan sakit dan sering mengalami pegal-pegal.
  15. Kadang terjadi demam dan sering mengalami stres ringan.
  16. Akan terjadi penurunan gairah seks.

Beberapa ciri yang disebutkan di atas, harus kita ketahui bahkan harus memahaminya. Jika sudah terjadi hal di atas secara berturut-turut,  kita harus secepatnya mengantisipasinya. Kita harus secepatnya dating ke dokter tedekat supaya mendapat penanganan yang lebih.

Penyakit liver ini akan sangat berbahaya, meskipun sudah banyak sekali teknologi yang bisa mengurangi atau menyembuhkan penyakit tersebut. Banyaknya teknologi ini tidak menjamin karena angka kematian yang disebabkan penyakit ini sangatlah banyak.



source:jagakesehatan.org