Jenis Ridha Yang Diharamkan

Jenis Ridha Yang Diharamkan
Ustadz Didik Hariyanto, MA

Oleh Ustadz Didik Hariyanto, MA

Tidak semua sifat ridha dan rela selalu terhormat, ada beberapa sifat yang tercela:


  1. * Rela akan  kekafiran

Rela dengan kekafiran, kemaksiatan dan kefasikan adalah hal yang terlarang. Kita tidak pernah diperintahkan untuk ridha akan hal-hal yang seperti ini, justru kita diperintahkan untuk membencinya.

“barangsiapa yang melihat  kesalahan dilakukan di muka bumi dan mengingkarinya maka dia seperti orang yang tidak melihatnya dan barangsiapa yang tidak mengingkarinya dia seperti melihatnya walaupun tidak menyaksikannya”. (HR. Abu Daud dan dihasankan Al Bani)

Ar Robi’ bin Anas berkata: “telah di tulis di kitab terdahulu: barangsiapa yang rela dengan kemaksiatan maka Allah tidak akan menerima amalnya selama dia seperti itu”. (ad Durrul Mantsuur, 2/576)

* Mendiamkan kemaksiatan di dalam keluarga
“Ada tiga golongan manusia yang tidak akan dilihat oleh Allah (dengan pandangan kasih sayang) pada hari kiamat nanti, yaitu: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan ad-dayyuts…” (HR. An-Nasa’i, Ahmad)

Makna ad-dayyuts adalah seorang suami atau bapak yang membiarkan terjadinya perbuatan buruk dalam keluarganya (Lihat Fathul Baari, 10/406.)

* Rela akan kefasikan
“Mereka akan bersumpah kepadamu, agar kamu ridha kepada mereka. Tetapi jika sekiranya kamu ridha kepada mereka, sesungguhnya Allah tidak ridha kepada orang-orang yang fasik itu”. (QS. At Taubah, 96)

source:eramuslim.com