Batik Air Resmi Terbang Perdana

Pramugari Batik Air

Maskapai penerbangan Batik Air pada tanggal 03 Mei 2013 akhirnya secara resmi melakukan penerbangan perdana secara komersial. Rute pertama yang dilayani oleh Batik Air adalah Jakarta-Manado, diberangkatkan dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.40 WIB.

Pesawat dengan nomor penerbangan ID-6270 tersebut dioperasikan oleh pesawat jenis Boeing 737-900ER berkapasitas 180 kursi. Batik Air mengkonfigurasi pesawatnya dengan 12 kursi kelas bisnis dan 168 kursi kelas ekonomi.

Batik Air menjanjikan pelyanan yang premium kepada penumpangnya seperti ruang kaki yang luas di setiap kursi, bagasi gratis seberat 20 kg untuk penumpang kelas ekonomi dan 30 kg untuk penumpang kelas bisnis, sistem hiburan berupa personal televisi di setiap kursi, serta makanan dan minuman yang disediakan secara gratis.

Selanjutnya, pada 4 Mei , Batik Air mengoperasikan rute lainnya yaitu Jakarta-Balikpapan, kemudian disusul dengan rute Jakarta-Pekanbaru dan Jakarta-Ambon pada 8 Mei.

Ikut dalam penerbangan perdana ini jajaran manajemen Lion Air Group, termasuk Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana, tamu undangan, dan sejumlah penumpang yang secara total berjumlah 151 orang.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Batik Air Capt. Achmad Lutfie mengatakan bahwa Batik Air tidak bersaing dengan siapa-siapa, melainku ditujukan untuk mengangkut penumpang Lion Air yang tingkat perekonomiannya meningkat dan ingin naik maskapai full service.

Pada tahun ini Batik Air akan mengoperasikan enam pesawat Boeing 737-900ER. Di masa depan, perusahaan juga akan mengoperasikan pesawat Boeing 787 Dreamliner untuk penerbangan internasional jarak jauh. (PHOTO: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo Aviation)