Begini Kondisi Pria yang Vasektomi

Begini Kondisi Pria yang Vasektomi

Vasektomi adalah suatu tindakan medis kontrasepsi pada laki-laki dengan cara memotong saluran sperma. Vasektomi juga merupakan metode kontrasepsi permanen dengan angka keberhasilan sangat tinggi yaitu mencapai 99.85 persen.

Laki-laki yang telah melakukan vasektomi akan tetap memproduksi sperma pada buah zakar namun sperma tersebut tidak dapat keluar saat ejakulasi karena salurannya telah diputus. Sel telur pasangan tidak akan dapat dibuahi bila tidak terdapat sperma di cairan ejakulat.

Sperma yang tidak ikut keluar ini tidak akan membahayakan karena akan diserap kembali oleh tubuh dan tidak mempengaruhi kemampuan seorang laki-laki dalam menikmati hubungan seksual, seperti dilansir situs duniafitnes.

Beberapa metode telah dikembangkan dalam melakukan vasektomi. Teknik vasektomi yang terbaru adalah teknik vasektomi tanpa pisau yang dapat dilakukan dengan meninggalkan luka yang amat kecil sehingga tidak memerlukan jahitan dan hampir tanpa perdarahan sehingga tindakan ini tidak memerlukan rawat inap.

Vasektomi merupakan kontrasepsi yang paling efektif pada pria karena lebih hemat dari segi biaya, minimal invasif, dan komplikasi pasca operatif sangat rendah bila dibandingkan dengan kontrasepsi pada wanita yaitu ligasi tuba.

source:republika.co.id