Ditemukan Spesies Baru Tikus Raksasa Afrika

Ditemukan Spesies Baru Tikus Raksasa Afrika


LUSAKA - Peneliti mengklaim telah menemukan spesies tikus tanah baru bertubuh besar atau raksasa. Dilansir Softpedia, Rabu (1/5/2013), seperti yang dilaporkan dalam jurnal Zootaxa, bahwa spesies baru tikus tanah raksasa ini ditemukan di daratan Afrika. Berdasarkan laporan peneliti, hewan mamalia pengerat ini berada di wilayah Zambia, Democratic Republic of Congo dan Angola.

Laporan situs Mongabay menjelaskan, para peneliti kehidupan alam liar mulai menyadari keberadaan tikus tanah besar ini sejak 2002. Kendati demikian, di lebih dari 1 dekade lalu tikus ini tampak jauh lebih kecil ketimbang tikus jenis lainnya.

Para ahli kemudian meyakini bahwa ini merupakan spesies tikus tanah baru melalui beberapa tes pengujian. Spesies ini dikenal oleh para komunitas ilmiah dengan nama Fukomys vandewoestijneae. Spesies baru ini dikenali dengan bentuk tengkorak yang berbeda dengan tikus tanah pada umumnya.

Wikipedia menerangkan, tikus tanah atau mole merupakan anggota mayoritas dari keluarga mamalia Talpidae dengan ordo Soricomorpha. Tikus tanah memiliki badan berbentuk silinder dan tertutup oleh bulu.

Tikus tanah memakan binatang invertebrata yang hidup di bawah tanah. Makanan utama tikus tanah adalah cacing tanah. Air liur tikus jenis ini kabarnya mengandung racun yang dapat melumpuhkan cacing tanah.

source:plasa.msn.com