Kapulaga

Kapulaga
Nama Ilmiah:
Amamum Campactum Soland

Nama Daerah:
Kapolagha, Kapol, Kapulaga, Palago, Pelaga puwar

Nama Asing:
Ronde Kardemon

Kandungan:
Minyak protein, gula, lemak, terbang‑sineol, terpineol dan alfaborneol, beta-kamper dan silikat

Bagian Yang Digunakan:
Seluruh bagian (daun, bunga, buah, dan akar)

Ciri-Ciri:
Tanaman kapulaga ini tumbuh berumbi akar dengan tinggi antara 2-3 m. Daunnya lonjong berujung runcing dengan panjang sekitar 30 cm dan lebar 10 cm. Bunganya (simetris dua sisi, berwarna kemerah-merahan dan terbagi menjadi 3 bagian) dapat dibedakan menurut perbedaan jenis varietas setempat. Dari sana akan dihasilkan buah kotak berwarna putih yang harum sehingga bisa digunakan sebagai obat maupun bumbu. Buahnya berada dalam tandan berbentuk bulat kecil , kadang berbulu dan berwarna kuning kelabu.

Penyakit Yang Bisa Disembuhkan:
Kapulaga bisa digunakan untuk mengatasi Kram / Kejang Perut, Rematik, Demam, Panas, Batuk, Mencegah Mual, Bau Badan, Radang Amandel, Gangguan Haid, Kejang Perut, Obat Kumur, Influenza, Radang Lambung, Sesak Napas, Badan Lemah (Sebagai Tonikum), dll.


Selain sebagai bumbu masakah, kapulaga juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Obat sakit tenggorokan

Kalau Anda mempunyai sakit asma atau masalah batuk rejan, maka rempah inilah solusinya. Kandungan spasmodic pada kapulaga bisa mencegah kejang. Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurnya dengan madu alami untuk mengatasi tenggorokan gatal dan batuk.

2. Mencegah masalah lambung

Kapulaga sangat baik untuk untuk menjaga pencernaan karena bisa membantu menyeimbangkan jumlah cairan di lambung.

3. Mendetoksifikasi kafein

Kapulaga sangat baik untuk pecandu kopi. Kapulaga merupakan bahan alami yang membantu detoksifikasi kafein dari tubuh. Minum terlalu banyak kopi secara perlahan dapat meracuni tubuh. Maka, segera konsumsi kapulaga untuk menghilangkan racun.

4. Meredakan panas

Saat Anda mengalami lelah dan lemas karena akibat dari panas menyengat di siang hari, Anda bisa mengatasi semua itu dengan mengunyah beberapa buah kapulaga. Ritual mengunyah kapulaga ini juga sering dilakukan oleh penduduk India untuk meredakan panas matahari pada tubuh.

5. Sebagai balsem kepala

Di India, pasta kapulaga dan kayu cendana sering digunakan untuk membalsem kepala. Anda juga bisa meredakan rasa sakit kepala atau pusing dengan cara mencampurkan kapulaga ke dalam minuman susu atau teh.

6. Menjernihkan suara

Selain sebagai bumbu masakan, kapulaga juga dikenal bisa meningkatkan kualitas suara. Nah, kalau Anda punya hobi menyanyi dan ingin suaranya jernih, Anda bisa mencoba kapulaga sebagai obat alami untuk merawat suara Anda.


Foto Tanaman Kapulaga: