Tips Mempercepat Koneksi OperaMini HP

Cara Untuk Mempercepat Koneksi OperaMini HP

Karena begitu banyaknya orang yang browsing dengan menggunakan OperaMini, maka secara otomatis akan membuat koneksi server OperaMini menjadi agak lelet. Oleh karena itu, cara / trik mempercepat loading dan download melalui OperaMini merupakan sebuah trik yang diperlukan dan banyak dicari oleh para pengguna OperaMini.

Trik mempercepat loading / browsing yang akan saya share ini sangatlah efektif serta mudah untuk dipraktekkan. Aplikasi OperaMini banyak dipilih karena nyaman digunakan, memiliki tampilan interface yang bagus, fitur-fiturnya yang komplit dan skin bisa di ganti-ganti.

Selain itu OperaMini juga memiliki kecepatan yang stabil dibandingkan dengan broswer HP. Berikut ini adalah trik-trik untuk mempercepat koneksi OperaMini. Trik mempercepat koneksi ini juga bisa menjadi solusi bagi yang trik gratisannya lelet punya agar menjadi lebih cepat. Silahkan simak baik-baik langkah-langkahnya dibawah ini...

1. Aktifkan opera turbo
Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kecepatan download dan loading OperaMini akan semakin meningkat tajam. Misalnya sebelum mengaktifkan fitur OperaMini Turbo kecepatannya cuma sekitar 9kb/s. Setelah mengaktifkan fitur Opera turbo kecepatan akan semakin meningkat hampir dua kali lipat menjadi 15kb/s. Cara mengaktifkan Opera turbo adalah dengan masuk ke www.opera.com/portal/turbo. Jika OperaMini turbo sudah aktif akan ditandai dengan kata "Opera turbo enabled Now, you can browse the web faster".

2. Menggunakan DNS
Dengan menggunakan DNS maka koneksi OperaMini akan jauh lebih cepat loading dan downloadnya. Dan dengan memakai DNS OperaMini akan lebih cepat membaca halaman setiap anda membuka sebuah situs. Jadi intinya DNS berfungsi agar situs dapat terbaca lebih cepat. Gunakan saja DNS yang paling populer.

Misal milik Mbah Google yaitu:
DNS 1: 8.8.8.8
DNS 2: 8.8.4.4

Saya juga sudah menyediakan kumpulan DNS yang wuss dan Insya Allah masih work. Silahkan ambil disini. Cara meletakkan DNS ada dua macam, yang pertama adalah di settingan gprs hp, sedangkan yang kedua kalian bisa memasang DNS pada OperaMini dengan cara meletakknya dibelakang HTTP Server.

Contoh: jika server gratisannya adalah http://0.facebook.com/ maka DNS nya tinggal dimasukkan dibelakangnya. Sehingga menjadi http://0.facebook.com/8.8.8.8/8.8.4.4

Kumpulan DNS untuk mempercepat koneksi internet bisa anda ambil DNS Super

3. Mencari Koneksi Internet Yang Stabil
Dengan mendapatkan koneksi atau sinyal yang stabil, di jamin kecepatan Koneksi kalian akan meningkat. Untuk mendapatkan kecepatan koneksi yang stabil, pilihlah daerah yang tidak terhalangi tembok / bangunan. Misalnya di luar ruangan atau kalau perlu ditengah lapangan sepak bola yang tak terhalang apapun. Hahaha...

4. Menggunakan Aplikasi Embedder
Sama seperti DNS, aplikasi ini juga dapat membaca situs dengan cepat. Cara penggunaannya yaitu dengan menyelipkan aplikasi ini ke Opera yang mau di buat fast. Bagi yang belum punya aplikasi ini silahkan ambil...
¤ Turbo Embedder [Jar] ¤
¤ Turbo Embedder [Zip] ¤
>> Cara Penggunaan: pasang/install -> buka aplikasi -> cari OperaMini yang akan dibuat turbo -> kemudian mulai embedder -> tunggu hingga proses selesai.

5. Dengan Sinkronisasi Opera
Dengan sinkronisasi, Opera akan di bantu untuk menstabilkan sekaligus mempercepat laju koneksi. Tapi kalian harus mempunyai akun dulu agar dapat mengaksesnya. Tapi tenang saja karena di setiap OperaMini memiliki fitur ini jadi sobat akan mudah untuk mengaksesnya.

6. Ubahlah Settingan Default
Cara mengubah settingan default ini sangatlah mudah. Caranya: ketikkan "about:config" tanpa tanda petik pada adress bar Opera kalian dan kunjungi. Setelah halaman tersebut terbuka, ubah semua settingan dari yes ke no. Disablekan feedindex dan ubah loading timeout dari 30 ke 3600.

7. Pakailah Server Alternatif OperaMini
Inilah salah satu elemen terpenting untuk mempercepat koneksi/loading Opera kalian. Yaitu dengan mengubah server standartnya. Karena banyaknya pengguna Opera yang memakai server standart yaitu server4.opera-mini.com / mini5.opera-mini.com maka secara tidak langsung akan mengurangi kecepatan browsing. Cara jitu untuk mengatasinya yaitu dengan memakai server alternatif. Berikut ini adalah server alternatifnya:
¤ http://global-beta.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-6-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-7-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-8-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-9-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-10-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-11-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-12-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokia-s40-13-cust.opera-mini.net:80
¤ http://mobitel-cust.opera-mini.net:80
¤ http://nokiaovi-cust.opera-mini.net:80
¤ http://global-4-lvs-usa.opera-mini.net:80
¤ http://beta.opera-mini.net:80
¤ http://labs1-turbo.opera-mini.net:80
¤ http://global-1-turbo-lvs-usa.opera-mini.net:80
¤ http://global-turbo-1.beta.opera-mini.net:80
¤ http://turbo-1.beta.opera-mini.net:80
¤ http://net.beta.opera-mini.net:80
¤ http://ns.net.beta.opera-mini.net:80
¤ http://bite4-cust.opera-mini.net:80
¤ http://detik-cust.opera-mini.net:80
¤ http://global-4-lvs-seele.opera-mini.net:80
¤ http://mini.beta.opera-mini.net:80
¤ http://g4-gehirn1.opera-mini.net:80
¤ http://g4-nerv2.opera-mini.net:80
¤ http://global-4-lvs-nerv2.opera-mini.net:80
¤ http://t03-15.opera-mini.net:80
¤ http://t01-15.opera-mini.net:80
¤ http://gwt-t.opera-mini.net:80
¤ http://apt.opera-mini.net:80
¤ http://cust.tele2.de.opera-mini.net:80
Server alternatif diatas bisa anda uprek-uprek sehingga dapat diajak gratisan ria.

7. Gunakan Aplikasi Network Accelerator
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang multifungsi karena mampu untuk menguatkan sinyal 3G, HSDPA, GPRS dan lain-lain. Sehingga aplikasi ini cukup berpengaruh untuk mempercepat koneksi internet kalian. Cara penggunaannyapun sangatlah mudah. Jadi saya tidak perlu panjang lebar menjelaskannya. Bagi yang belum punya aplikasinya silahkan ambil disini

8. Nonaktifkan Gambar
Salah satu hal yang mengakibatkan loading berat pada saat membuka halaman web yaitu dikarenan banyaknya gambar yang ada di suatu halaman. Dengan menonaktifkan gambar pada settingan Opera maka loading halaman akan jauh berkurang. Tapi konsekuensinya nanti halamannya terlihat tidak terlalu menarik. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan settingan single coloumn agar halaman web semakin ringan loadingnya.

Selamat mencoba tips-tips diatas dan rasakan sendiri perbedaannya. Mungkin hanya itu saja trick yang saya ketahui. Apabila sobat mempunyai trik yang lainnya silahkan tulis di form komentar. Oke, saya rasa artikel Cara Untuk Mempercepat Koneksi OperaMini HP diatas sudah cukup panjang. Saya sudah kecapaian ngetiknya. Semoga sedikit trik diatas bisa berguna dan dapat membantu para pengguna OperaMini yang menginginkan koneksi mumpuni.(myphones.mywapblog.com)