Belajar Cara-Cara Dasar Instagram Yuk

Belajar Cara-Cara Dasar Instagram Yuk


Instagram tak bisa dipungkiri lagi telah menjadi salah satu aplikasi photo-editing dan photo-sharing terpopuler saat ini. Sejak pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010, aplikasi ini telah mendapatkan sambutan yang begitu luas dari para pengguna iOS, hingga akhirnya tim developer memutuskan untuk mengekspansi Android dan bergabung dengan situs sosial media Facebook.

Walaupun telah begitu terkenal dan digunakan oleh lebih dari 100 juta orang (menurut data yang dirilis pada 27 Februari 2013), namun masih banyak yang kurang mengerti cara-cara pemakaian dasar dari Instagram. Berikut ini adalah beberapa tips penting dan mendasar yang patut diketahui oleh para pengguna Instagram untuk memaksimalkan kinerja aplikasi ini.

Simak daftar tips dasar pemakaian Instagram yang telah disusun situs jeruknipis.com.

Double-tap untuk “Like”

Bila menemukan sebuah gambar yang sangat menarik dan patut diberikan “like”, maka kalian hanya perlu melakukan tap sebanyak dua kali di gambar tersebut. Bila cara barusan benar, maka kalian akan melihat ikon bergambar hati putih yang memberitahu bahwa proses tersebut telah berhasil.  Untuk melakukan unlike, ulangi proses di atas sekali lagi.

Mention

Anda bisa melakukan mention di dua bagian foto. Pertama, kalian bisa melakukan mention di bagian “caption” dengan mengetik simbol “@” dan diikuti dengan nama akun yang kalian tuju. Sebagai contoh, “Menunggu makan malam bersama @benson”. Di sini, si pemilik akun “@benson” akan mendapatkan notifikasi bahwa ia telah di-tag dan follower kalian akan langsung diarahkan kepada sang pemilik akun.

Kedua, kalian bisa melakukan mention di bagian “comment”. Bila kalian ingin membalas komentar di sebuah foto, maka kalian hanya butuh menyentuh layar di bagian nama akun selama beberapa saat dan segera pilih “mention user”. Dari situ, kalian bisa langsung membalas komentar dengan menyebutkan nama akun yang dituju.

Hash Tag

Twitter mungkin menjadi media sosial yang pertama kali mempopulerkan fungsi “hash tag”, fungsi yang akan mengelompokkan status-status secara khusus. Instagram juga turut memakai fungsi ini untuk menyatukan foto-foto unik berdasarkan topik tertentu.

Ada satu hal yang patut kalian ingat menyangkut penggunaan hash tag: jangan terlalu banyak menggunakannya. Menurut JerukNipis, gunakan maksimal tiga fungsi hash tag di dalam satu foto. Lebih dari lima hash tag malah akan mengganggu para follower-mu untuk menikmati hasil foto yang kalian ambil.

Editing

Untuk memaksimalkan hasil foto, maka kalian perlu memanfaatkan beberapa aplikasi tambahan sebelum ditampilkan di Instagram. Bila sempat, tidak ada salahnya memoles gambar-gambar yang kalian ambil dengan menggunakan Photoshop untuk mengatur saturasi, kekontrasan, dan kecerahan gambar. Bila kalian tidak sempat, mungkin kalian bisa memanfaatkan aplikasi lain, salah satunya adalah Diptic yang bisa mengatur gambar sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik.

Menghapus komentar dan caption

Instagram mungkin tidak mengizinkan kita untuk melakukan edit caption, tetapi Jerukers tetap bisa menghapusnya. Caranya mudah, kalian hanya perlu men-tap bagian “Comments” di foto yang kalian inginkan, lalu geserlah dari kanan ke kiri di bagian “Caption”. Bila benar, maka akan muncul pilihan “Delete” untuk menghapusnya. Untuk menghapus komentar, kalian tinggal lakukan metode yang sama dengan di atas. Bedanya, kalian harus membuat gerakan menggeser di bagian “Comments” yang ingin kalian hapus.(republika.co.id)