Curiosity temukan 'tikus' di planet Mars

Curiosity temukan 'tikus' di planet Mars


Tugas Curiosity, robot yang ditugaskan di Mars, memang akan berakhir sekitar beberapa bulan lagi. Kali ini, dalam penjelajahannya, kabarnya Curiosity temukan bukti keberadaan makhluk hidup di planet merah tersebut.

Curiosity kembali kirimkan foto terbaru ke badan pengawasnya di bumi. Dalam foto tersebut, ada sebuah obyek aneh yang terabadikan secara tidak sengaja. Para peneliti mengatakan bahwa obyek tersebut mirip sebuah tikus.

"Obyek itu memiliki warna yang hampir mirip dengan batu-batuan di sekitarnya namun sedikit lebih gelap. Ada mata, cekungan pada mata, hidung, telinga, dahi, badan yang memanjang serta tangan atau kaki depan," jelas pihak NASA seperti dikutip Fox New (29/05).

Namun, ketika NASA mengungkapkan temuan baru ini, beberapa pakar berikan opini bahwa boleh jadi memang obyek itu adalah tikus, namun tidak menutup kemungkinan hanyalah sebuah batu yang mirip hewan itu saja.

"Pengidentifikasian dengan memiripkan suatu obyek ke obyek lain adalah suatu fenomena yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan pareidolia," jelas ilmuwan lain.

Sebelum ini, fenomena pareidolia terhadap obyek-obyek di Mars juga sering muncul dan menjadi perbincangan, seperti contohnya gambar wajah, jari jempol, tengkorak alien sampai dengan obyek berkilat.

Oleh karenanya, tidak sedikit pakar yang menyarankan agar NASA tidak terlalu terburu-buru dalam menyimpulkan sesuatu sebelum melakukan penelitian lebih lanjut.

Sumber: Merdeka.com