Ini 8 Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap

Ini 8 Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
Sejumlah kendaraan melintasi jalan tol yang diselubungi 
kabut asap di Singapura,Kamis (20/6). (AP/Joseph Nair)

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Prof dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan, kabut asap dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan, lingkungan, dan kelestarian hayati.

Berikut 8 cara untuk melindungi diri dari kabut asap:

1. Sedapat mungkin Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan.

2. Jika terpaksa pergi ke luar rumah/gedung maka sebaiknya menggunakan masker.

3. Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering

4. Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.

5. Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yg cukup dll.

6. Upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah / sekolah / kantor dan ruang tertutup lainnya

7. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.

8. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik.

(republika.co.id)