Unik, Ditemukan Siput Berwarna Pink di Gunung Australia

Unik, Ditemukan Siput Berwarna Pink di Gunung Australia


CANBERRA - Siput umumnya berwarna gelap agak kecoklatan. Namun, baru-baru ini peneliti menemukan siput berwarma merah muda (pink) di gunung Australia.

Dilansir Treehugger, Kamis (30/5/2013), tepat di Gunung Kaputar, New South Wales, Australia, yang dihuni berbagai macam flora dan fauna, termasuk hewan "berlendir" unik berwarna pink. Tidak hanya memiliki warna yang khas, hewan yang baru ditemukan ini memiliki tubuh yang lebih besar dari siput pada umumnya.

Seorang petugas Michael Murphy dengan National Parks and Wildlife Service, mengidentifikasi dan mengamati makhluk ini secara mendetail. "Siput merah muda raksasa memiliki panjang sekira 20 centimeter, yang hanya ditemukan di puncak Gunung Kaputar," ungkap Murphy.

Menurutnya, siput yang memiliki nama ilmiah Triboniophorus aff. graeffei ini bisa muncul di pagi hari dan hanya mendiami satu area. Dalam satu area, siput merah muda ini bisa berjumlah hingga ratusan. Lebih lanjut ia mengatakan, setiap malam hewan ini merangkak naik ke pohon dalam jumlah besar dan mencari makan seperti jamur dan lumut.

"Kami sudah memiliki tiga spesies siput kanibal di Gunung Kaputar, dan mereka merupakan hewan yang sedikit rakus," ungkap Murphy. Ia mengatakan, siput kanibal ini bisa berburu di sekitar lantai hutan untuk mengambil jejak lendir siput lain, kemudian memburu dan melahapnya.