CARA SENAM KEGEL UNTUK PRIA DAN WANITA

CARA SENAM KEGEL UNTUK PRIA DAN WANITA


Pada dasarnya Senam kegel berguna untuk melatih otot dasar panggul atau disebut dengan pubococcygeus (PC). Otot-otot yang bergerak adalah organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus. ilustrasi sederhana senam kegel ini seperti menahan dan melepaskan air seni, yang ketika itu dilakukan maka otot-otot panggul akan bergerak.

Manfaat senam Kegel pada pria adalah otot PC bisa mengontrol aliran air mani dan urine, kekuatan penis selama ereksi dan juga kekuatan tembakan saat ejakulasi.  Kerja otot PC pada pria bisa diamati dari gerakan penis yang naik turun dalam keadaan ereksi. Senam ini memberikan manfaat orgasme yang lebih intens, mencegah ejakulasi dini dan dapat melakukan hubungan seks yang lebih baik dan lebih lama.

Serta bisa membantu mengatasi masalah prostat jika lakukan secara rutin, senam Kegel bisa membantu pria mengatasi inkonsistensi urin dan menyembuhkan pembengkakan kelenjar prostat. Kelainan kelenjar ini mengakibatkan timbulnya rasa sakit atau iritasi pada penis saat buang air kecil. Bila masalah prostat teratasi, otomatis kegiatan bercinta juga lebih nyaman dan memuaskan suami maupun istri.

Teknik senam kegel pada pria:

Dapat dilakukan selama 6 detik, atau lebih dan anda dapat menghitung 1, 2 , 3 sampai 6 detik untuk menghitung saat melakukan latihan ini :
Kontraksi perlahan, hitung selama beberapa detik…
Tetap kontraksi selama beberapa detik lagi…. Kontraksikan sekuat mungkin selama beberapa detik… lalu lepas… Rileks…

Lalu ulangi beberapa kali lagi…

Tips:

Hal yang tidak dianjurkan adalah melakukan senam ini tapi konsentrasi pikirannya tertuju pada objek lain, karena menjadi tidak fokus terhadap otot PC yang sedang dilatih. Salah satu gerakan senam seks yang paling mudah dilakukan adalah dengan berbaring, kemudian menekuk kedua lutut sekitar 90 derajat, kemudian mengontraksikan otot-otot panggul bawah ke arah depan atas. Kemudian direlaksasikan kembali.



Sedang untuk wanita latihan senam kegel bermanfaat untuk membantu mengencangkan otot vagina serta menjaga otot panggul agar tetap kuat serta dapat membantu mencegah kebocoran urin pada akhir kehamilan. latihan kegel ini dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak terbatas untuk wanita yang habis melahirkan, Menurut penelitian ginekolog senam ini bermanfaat bagi setiap wanita tanpa memandang usia atau sejarah medis, tetapi untuk wanita dengan kondisi tertentu, latihan Kegel ini sangat penting, antara lain sangat di anjurkan bagi:

 - Wanita yang sedang hamil dan pasca melahirkan, agar dapat mudahkan kelahiran bayi, Meningkatkan kepuasan seksual, Mencegah ambein/wasir, Mencegah sering pipis.

- Wanita yang mengalami inkontinesia urin didefinisikan sebagai hilangnya kontrol kandung kemih/ sering pipis.

 - Wanita yang terbiasa bekerja mengangkat beban berat biasanya mengalami prolaps rahim menggambarkan suatu kondisi yang terjadi ketika rahim wanita mulai turun dari tempat biasanya di dalam tubuh, melalui leher rahim dan ke dalam vagina.

Cara senam kegel wanita:

Kencangkan otot vagina dengan gerakan seperti menahan buang air kecil… Tahan selama kurang lebih 5 detik… Kemudian lepaskan perlahan…

Ulangi gerakan diatas selama beberapa kali lagi…

Tips:

Beda dengan pria, senam kegel untuk wanita ini tidak membutuhkan waktu dan ruang yang khusus, bisa di lakukan di manapun dan kapanpun, sambil beraktivitas ataupun sedang santai.

Kegel merupakan olahraga yang mudah, Bahkan tanpa membaca buku panduan kita bisa langsung mempraktekkan senam Kegel. Untuk hasil terbaik, senam kegel perlu dilakukan secara konstan setiap hari, dengan berlatih beberapa menit setiap hari, Baik wanita maupun pria akan merasakan perubahan menakjubkan.

Secara keseluruhan senam kegel sangat bermanfaat untuk kesehatan organ kelamin untuk semua usia baik anak-anak, remaja hingga lansia, terutama yang masih sering ngompol, juga seperti yang pernah kita lihat bahwa anak-anakpun bisa terkena penyakit kanker prostat, senam kegel membantu memulihkan penderitaannya selain penanganan medis dari Dokter.

Sedang bagi usia dewasa dan yang sudah memiliki pasangan/ pasutri, senam kegel ini selain manfaatnya seperti di atas juga bisa meningkatkan gairah seks. kekuatan fisik dan organ seks secara alami mempengaruhi kualitas kehidupan seksual seseorang. Faktor kelenturan tubuh dan kekuatan fisik serta kemampuan organ seks merupakan rangkaian yang amat diperlukan. Bahwa untuk menikmati kehidupan seksual juga diperlukan kecerdasan. Makna kecerdasan di sini yaitu kemampuan seseorang dalam memahami seks dan tahu cara menggunakannya secara benar dan reaktif.


SUMBER: bungalowbidadari.wordpress.com

0 komentar