Tips Singkat Lolos dari Jebakan Scam di Facebook

Tips Singkat Lolos dari Jebakan Scam di Facebook
Contoh Scam Facebook (Ist.)
Sebagai media sosial terbesar di dunia, Facebook tentunya menjadi target empuk penjahat cyber untuk melancarkan scam. Simak jurus singkat agar tak terjebak aksi tipu-tipu dan penyebaran malware (program jahat) tersebut.

Menurut perusahaan keamanan Eset, banyak korban akhirnya terinfeksi trojan, virus, dan malware lainnya dengan awal yang sama yaitu diiming-imingi scam Facebook.

"Diperlukan perhatian dan pemahaman yang lebih saat kita melihat iming-iming scam di Facebook," Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-Eset Indonesia.

Ia menambahkan, scam di Facebook bisa dengan mudah dan cepat menyebar dari wall ke wall. Dan scammer akan melakukan segala cara yang bisa dilakukan dari yang sudah umum hingga yang cukup kreatif.

"Dampak scam Facebook berbeda-beda, sebagian besar scam akan berujung pada iklan obat kuat, tetapi, ada di antaranya scam yang benar-benar berbahaya dari yang dapat mencuri ID Facebook hingga menguras dompet Anda," pungkas Kukuh.

Berikut tips singkat menghindari jebakan scam di Facebook.

-. Berhenti dan jangan melakukan aktifitas (mengklik gambar, dan lainnya) saat kita lihat ada sesuatu yang mencurigakan. Misalnya tiba-tiba teman memposting sebuah gambar syur yang berani

-. Berpikir, jika masih ingin tahu lebih lanjut. Pikirkan apakah teman kita memang punya kebiasaan posting hal itu? Cek apakah berita/gambar itu benar, telepon/sms/chat langsung dengan yang bersangkutan. Bila itu iklan, cek via portal berita terpercaya menyangkut kebenaran berita.

-. Lanjutkan untuk diklik bila memang benar teman yang memposting atau berita itu valid.

-. Aktifkan aplikasi Facebook scanner untuk antisipasi, aplikasi ini akan melakukan scanning seluruh wall kita untuk memastikan aman.

-. Gunakan produk Antiivrus dengan update terkini, realtime, ringan dan mampu menangani permasalahan jejaring sosial. Pastikan Anda dapat berdiskusi dengan Support produk jika mengalami permasalahan.

Modus penipuan scam di Facebook memang beraneka ragam. Mulai dari mengiming-imingi calon korban dengan gadget gratis hingga foto hot artis.


source:inet.detik.com

0 komentar