Kehidupan Bumi Diperkirakan Berasal dari Mars

Kehidupan Bumi Diperkirakan Berasal dari Mars
Mars
Peneliti tengah mengumpulkan bukti yang menyatakan, kehidupan di bumi sebenarnya berasal dari Mars yang dibawa oleh meteor. Sebuah bentuk teroksidasi dari unsur molibdenum yang krusial untuk asal kehidupan ditemukan di permukaan Mars sejak lama.

"Namun, unsur itu tidak ditemukan di bumi," ujar Steven Benner dari Westheimer Institute for Science and Technology di Florida seperti dikutip Space, Kamis (29/8).

Menurutnya, hanya ketika molibdenum menjadi teroksidasi hingga mampu memengaruhi dan membentuk awal kehidupan. Bentuk molibdenum ini tidak terdapat di bumi ketika awal terbentuk. Karena tiga miliar juta tahun lalu, permukaan bumi memiliki sedikit oksigen, tapi tidak begitu dengan mars.

"Ini menjadi salah satu potongan bukti yang memerlihatkan kalau bentuk kehidupan itu berasal dari Mars menggunakan meteor Martian ketimbang memulainya di planet ini," tambah dia.

Kompon organik merupakan bahan dasar kehidupan. Namun kompon ini memiliki sedikit 'bantuan' untuk dapat menjadi kehidupan. Misalnya, energi panas atau cahaya yang dapat mengubah molekul sup organik menjadi substansi berbentuk tar.

Saat itu molibdenum yang teroksidasi datang dan menambahkan sebuah elemen lain yang disebut boron yang kemudian membantu zat organik tersebut menjadi kehidupan. "Analisis meteor Martian belakangan memerlihatkan, ada boron di mars. Kita jadi percaya kalau molibdenum yang teroksidasi juga ada di sana."

source:republika.co.id