Kedung Dawa, Sungai Bertingkat yang Unik di Hutan Kebumen


Siapa sangka kalau di dalam hutan di Kebumen, Jawa Tengah terdapat sebuah sungai bertingkat yang indah. Orang-orang biasa menyebutnya Kedung Dawa. Bermain air di sini, asyik banget!

Istilah Kedung Dawa merupakan istilah bahasa Jawa yang berarti Kedung atau Sungai Panjang. Kedung Dawa ini memiliki keindahan yang sangat memukau. Selain karena masih begitu alami dan di kelilingi hutan, terdapat keunikan akan adanya lubang-lubang bebatuan, dimana setiap lubang batu memiliki kedalaman yang berbeda-beda.
Kedalaman di setiap lubang batunya ada yang mencapai kedalaman 3 meter. Bahkan menurut warga setempat, dahulunya ada sebuah lubang batu dengan kedalaman hingga 5 meter lebih, itupun karena lubang-lubang batu tersebut sudah tertimbun bebatuan.
Kedung Dawa, Sungai Bertingkat yang Unik di Hutan Kebumen

Walau di sini air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun memiliki banyak aliran air dari bawah hingga atas. Terlihat sangat indah dan memukau.

Untuk mereka yang ingin mandi bisa memilih lokasinya, dari yang tidak dalam untuk anak-anak, hingga yang dalam. Kolam ini tercipta secara alamiah dan Anda hanya tinggal memilih sendiri lokasinya.

Untuk mencapai lokasi ini berlokasi di Pedukuhan Dukuh, Desa Seliling, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Sayangnya, potensi wisata yang begitu memukau ini justru tidak dikelola dengan baik oleh desa tersebut. Hal ini diperparah karena mayoritas warga, khususnya pemuda di sini adalah perantau.

Untuk masuk ke lokasi Kedung Dawa ini Anda tidak perlu membayar, karena desa masih belum mengelolanya. Namun terkadang, saat hari Minggu dan pengunjungnya membludak, biasanya ada pemuda kampung yang meminta uang parkir kendaraan anda.

Semoga saja potensi yang seharusnya bisa meningkatkan perekonomian desa ini, bisa dikelola dengan lebih baik lagi. Mungkin dengan memperbanyak promosi dan membuat fasilitas penunjang yang lain.


source:detik.com