Tips Agar Loading Blog Jadi Cepat dan Ringan

kompres css agar blog ringan
Tips Agar Loading Blog Jadi Cepat dan Ringan. Assalamu’alaikum sahabat semua. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada sahabat-sahabat blogger sekalian tentang bagaimana caranya agar loading blog jadi cepat dan blog pun jadi ringan. 

Sebenarnya cara untuk meringankan blog seperti kata para master banyak, misalnya mengurangi widget-widget yang mungkin kurang perlu bagi pengunjung blog, atau menurut pandangan kita widget tersebut tidak cocok di blog kita. Namun kalau kita merasa widget-widget yang ada di blog kita penting semua, maka kita perlu menyusunnya dengan baik, misalnya widget yang berat kita letakkan di bawah blog. 

Selain itu, perlu pula kita sadari bahwa jaringan yang kita gunakan juga ikut mempengaruhi. Artinya, walaupun kita telah mengurangi widget-widget yang kurang perlu atau meletakkan widget yang berat berada di bawah blog, namun kalau jaringan yang kita pakai sangat lemah alias very low, yach.. berarti loading blog juga ikut lama. Namun, melalui cara yang disajikan dalam artikel ini, setidaknya ikut membantu dalam meringankan loading blog.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading blog sehingga blog pun menjadi ringan adalah dengan cara mengkompres kode CSS template blog. Bukan bermaksud mengajarkan, tetapi hanya untuk menunjukkan bahwa kode CSS template blogger berada diantara kode

<b:skin><![CDATA[

sampai

]]></b:skin>

(untuk mempermudah pencarian kode gunakan ctrl + f atau F3) . 

Catatan : agar template yang kita kompres tidak menjadi error, maka janganlah kita melakukan pengompresan secara secara sekaligus, tetapi harus kita lakukan secara bertahap. Maksudnya kita kompres perbagian-perbagian kode CSS sampai pada bagian terakhir dari kode CSS, misalnya bagian body-nya saja, bagian coment-nya saja dan bagian-bagian yang lain secara satu persatu.

Okey, cara mengkompres kode CSS template blog di blogger adalah :

1. Sebelumnya, silakan melihat kecepatan blog sahabat di Cek Kecepatan Blog
2. Setelah selesai, maka klik link berikut ini untuk melakukan kompres template blog kita http://www.cssdrive.com
3. Jika belum login, silakan login terlebih dahulu ke akun blogger kita melalui halaman yang baru atau tab baru
4. Klik template atau rancangan dan kemudian klik edit html. Untuk jaga-jaga dan kalau-kalau terjadinya error, maka ada baiknya kita download/unduh terlebih dahulu template blog kita
5. Tandai dengan mencentang atau menceklis kotak Expand Template Widget. 
6. Copy dan paste CSS template perbagian-perbagian di halaman cssdrive dot com yang telah dibuka sebelumnya, lalu klik Compress-it!. Sebelum meng-klik Compress-it, lakukan beberapa hal berikut di halaman compressor :

Compression mode = pilih 'Super Compact'
Comments handling = pilih 'Strip ALL comments'

7. Setelah meng-klik Compress-it itu, tunggu beberapa saat sampai munculnya kode yang telah dikompres
8. Copy dan paste kode CSS itu di template blogger kita, tetapi sebelum mem-paste kode CSS yang kita kompres tadi, terlebih dahulu kita hapus kode CSS yang lama.
9. Begitulah seterusnya kita lakukan sampai selesai. 
10. Selanjutnya klik Pratinjau/Preview. Bila tidak ada yang berubah pada blog, berarti pengkompressan sukses dilakukan. Silakan klik Save/menyimpan. 



Pengkompressan template blog, dapat pula dilakukan melalui tools berikut ini :

http://www.csscompressor.com/ (caranya paste kode pada kolom yang disediakan, biar tidak perlu di otak atik dan setelah itu, klik "compress". Apabila ingin membersihkan kolom, klik "reset".

Sukses selalu, semoga bermanfaat dan terima kasih.

source:www.abdulhelim.com