Cueva, Speaker Unik iPhone Karya Mahasiswa ITB

Cueva, Speaker Unik iPhone Karya Mahasiswa ITB
Cueva (tya/detikINET)
Sembilan orang mahasiswa SBM Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Earth.co menciptakan sebuah speaker khusus untuk ponsel iPhone yang dinamai Cueva. Awalnya, produk unik berbahan kayu ini mereka buat untuk sebuah tugas kampus. Namun kini mereka optimis memasarkan karyanya ke pasar.

Cueva merupakan sebuah dock (penyimpanan) yang juga berfungsi sebagai speaker pasif. Ide pembuatan Cueva berawal dari keinginan untuk mengubah kebiasaan pengguna ponsel yang hobi mendengarkan musik lewat headset.

"Selama ini kami lihat kebiasaan pengguna handphone yang mendengarkan musik dari headset. Padahal lama kelamaan kebiasaan itu bisa merusak telinga. Sehingga kami ingin menawarkan cara mendengarkan musik dengan cara yang lain dan juga hemat listrik," ujar Wulan Nurhidayah, Head of Marketing Earth.co saat acara Grand Launching Cueva di Cafe Potluck, Jalan H Wasid.

Mereka pun menciptakan sebuah dock yang sekaligus bisa menjadi speaker pasif yang unik. Bahannya kayu asli Indonesia yaitu Sonokeling atau Indonesian Rosewood yang dibentuk seperti perahu yang tidur mendampingi.

Disisi kiri dan kanannya terdapat dua lubang berbentuk bulat yang merupakan bagian speaker-nya. Sementara di bagian tengah terdapat tempat untuk menyimpan iPhone.

"Produk Cueva pertama kami yaitu Grande. Ada Grande Dark dan Grande Light yang bahannya kombinasi Sonokeling dengan Sungkai (Ashwood)," tuturnya. Cueva sendiri mereka ambil dari Bahasa Spanyol yang berarti gua.

Dock sekaligus speaker pasif ini tentu saja tak terhubung dengan listrik. Namun di bagian bawahnya ada lubang untuk kabel charger. Lalu kenapa hanya Cueva hanya dibuat khusus untuk ponsel iPhone saja?

"Karena iPhone konsisten bentuknya serta penempatan speaker yaitu juga selalu dibawa. Kalau smartphone yang lainnya kan ada dimana-mana," kata Wulan.

Cueva ini dibuat secara handmade oleh pengrajin di Bandung. Dalam sebulan hanya bisa diproduksi maksimal 21 Cueva. Pengerjaan 1 buah Cueva butuh waktu 21 jam.

Untuk pembuatan Cueva yang berfungsi sebagai speaker ini, mereka bekerjasama dengan jurusan Teknik Fisika ITB pada bagian amplifikasinya. Pada Cueva terdapat ruang akustik yang dapat memantulkan suara hingga 3 kali lebih kuat.

"Jarak optimumnya 0,3 hingga 1,5 meter," terangnya.

source : inet.detik.com