7 Cara Medis Agar Mata Tetap Fresh

mata tetap fresh
Aktivitas keseharian seringkali membuat performa mata menjadi menurun. Dari membaca, paparan layar monitor TV dan komputer, paparan debu, silaunya matahari dan sederet paparan lainnya yang dapat menurunkan kemampuan performa mata. Mata menjadi cepat lelah, penglihatan mengabur, dan lain sebagainya. Bagaimana mengatasinya? Ikut tips-tips sehat berikut ini:

Istirahatkan Mata dari Komputer Selama 20 detik
Terus melihat layar komputer atau layar digital apapun tidak dapat merusak mata Anda, namun dapat membuat mata Anda menjadi lelah dan kering. Saat kita melihat layar, mata akan berkedip lebih banyak. Oleh karena itu ikuti teknik 20/20/20 ini, setiap 20 menit lihat paling tidak 20 kaki (6 meter) jauhnya selama 20 detik. Jangan lupa untuk meletakkan layar 25 inci (60 cm) dibawah pandangan mata.

1. Gunakan Kacamata Hitam
Radiasi sinar ultraviolet dapat merusak mata seperti merusak kulit. Efeknya dapat menumpuk sehingga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti katarak, luka pada kornea, bahkan kanker dari kelopak mata. Maka dari itu saat Anda sedang berada diluar usahakan menggunakan kacamata hitam atau kontak lens yang dapat menghalangi 99% hingga 100% dari sinar UV-A dan UV-B.

2. Gunakan kaca pelindung
Banyak sekali kasus trauma mata yang disebabkan oleh kecelakaan di dalam rumah, bukan di tempat kerjaan. Usahakan menggunakan kacamata pelindung saat Anda ingin mengerjakan sesuatu yang memliki risiko merusak mata seperti terpapar dengan bahan kimia atau benda-benda yang terbang. Gunakan juga kacamata pelindung untuk beberapa jenis olahraga seperti basket atau baseball.

3. Makan makanan sehat untuk mata dan jantung
Makanan yang baik untuk sirkulasi merupakan jenis makanan yang baik untuk jantung, mata serta penglihatan. Pilihlah makanan seperti sayuran hijau gelap, gandum, serta makanan yang tinggi akan zinc seperti kacang-kacangan, kerang, daging merah yang tidak berlemak. Wortel pun ternyata dapat membantu proses penglihatan oleh karena vitamin A yang terdapat dalam wortel baik untuk penglihatan. Beberapa jenis nutrisi lainnya adalah beta karoten, lutein dan zeaxanthin.

4. Jangan Abaikan Keluhan Pada Mata
Bila timbul keluhan gatal atau merah, Anda dapat lakukan tindakan kompres, penggunaan anti-histamin serta tetes mata. Bila Anda merasa seperti ada pasir dimata, Anda dapat bersihkan dengan air besih mengalir. Bila keluhan ini berlanjut lebih baik Anda mengunjungi dokter mata. Beberapa keluhan yang perlu Anda perhatikan lagi adalah nyeri pada mata, keluarnya cairan pada mata, bengkak, silau pada mata, adanya bayangan hitam pada mata, adanya benda yang terbang, kilatan sinar serta bila ada gangguan penglihatan.

5. Menghapus Make-Up pada Mata
Bakteri dapat tumbuh dengan mudah pada makeup yang cair. Juga ingat untuk membuang produk mata setelah 3 minggiu. Bila Anda terkena infeksi pada mata juga sebaiknya produk Anda diganti semua. Hindari penggunaan kosmetik bersama dan ingat untuk membersihkan wajah sebelum dan setelah menggunakan make-up.

6. Stop Merokok
Bila Anda merokok, cobalah berhenti. Merokok meningkatkan risiko terjadinya katarak dan menyebabkan mata kering. Selain itu merokok juga menyebabkan perkembangan plak di pembuluh darah, dimana dapat juga merusak pembuluh darah mata.

source:klikdokter.com