Cara Membuat Pellet Uso ala UNY

pellet USO
Pakan ikan (ilustrasi)|bibitikan.net
Anggota tim peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakartam Miftahudin Nur Ihsan mengungkapkan cara membuat pakan ikan bernama pellet uso. Menurutnya  bahan pembuatan "Pellet Uso" antara lain usus dua belas jari ayam, tepung terigu, tepung jagung, cangkang telur, ekstrak kangkung, dedak halus, dan minyak ikan.

Pembuatan 'Pellet Uso' dilakukan dengan mencampurkan semua bahan kemudian diblender sampai halus. Kemudian ditambahkan air panas 1,25 kali berat bahan baku, dan aduk di atas api kecil.

Pengadukan adonan dilakukan sampai terjadi perubahan warna. Setelah itu memasukkan tepung kanji dengan perbandingan sepertiga dari bahan aduk terus sampai adonan mengental. "Jika perlu ditambahkan sedikit lagi air panas. Kemudian dinginkan adonan," katanya, Ahad (2/2).

Menurut dia, bahan baku yang telah dingin dicetak dengan penggiling mi dan akan diperoleh bentuk batangan-batangan. Batangan basah tersebut dipotong-potong sepanjang tiga centimeter atau menurut selera. "Pelet basah yang telah dipotong-potong dijemur sampai kadar airnya 10-20 persen, kemudian dilakukan pengeringan. Pengeringan dapat juga memakai oven, dan pengeringan dihentikan jika pellet kering, keras, dan mudah patah," katanya.

Anggota tim Desiana Nur Fajari mengatakan dalam penelitian dengan pembimbing Dr Das Salirawati itu dibuat lima variasi pellet, yakni "Pellet Uso" dengan perbandingan bahan utama dengan bahan tambahan sebesar 20 persen, 30 persen, 40 persen, 50 persen, dan 60 persen.

Menurut dia, kelima variasi pellet itu kemudian diuji kadar proteinnya, sehingga dapat diketahui seberapa besar penambahan kadar Duodenum dapat meningkatkan kadar protein pellet. "Keefektifan 'Pellet Uso' dari limbah usus dua belas jari ayam sebagai alternatif pakan lele dicapai saat dicampurkan 60 persen Duodenum ke dalam bahan baku pellet ikan," katanya.

Demikianlah cara membuat pellet Uso ala UNY semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua.

Salam Sukses!!!

source:republika.co.id