Terima kasih

terimakasih
”Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.” (QS. 2:186)

“Terima kasih!” ucapan yang sering diajarkan orang tua, ketika kita menerima sesuatu dari orang lain. Sederhana, tapi bernilai di hati. Hati mana yang tidak sejuk dengan ucapan tersebut. Terima kasih mengajarkan kita, saling menghargai dan memahami. Bukan nilai materi yang kita ukur tapi di balik pemberian itu ada kepedulian mereka pada kita. Bukankah hidup menjadi tidak berarti tanpa kepedulian itu?

Kita sering kali menganggap remeh hal-hal yang sederhana, sehingga kita lupa mengucapkan terima kasih. Padahal bila kita renungi, kebaikan dalam diri kita bukan sepenuhnya hasil upaya kita, tapi ada jasa orang lain. Kita sering lupa mengucapkan terima kasih pada sopir angkot yang telah membantu mengantarkan kita dengan selamat.

Kita lupa mengucapkan terima kasih pada guru yang dengan sabarnya mengajarkan ilmu bermanfaat untuk kita. Kita lupa mengucapkan terima kasih pada istri yang telah menyiapkan santapan pagi. Kita lupa mengucapkan terima kasih pada bawahan yang telah membantu pekerjaan kita. Dan yang paling tinggi, kita sering lupa berterima kasih pada Allah Azza wa Jalla yang telah memberi nikmat banyak pada kita tanpa kita minta.

Terima kasih merupakan tanda kebesaran jiwa, karena ia mampu menghargai kebaikan. Allah sendiri sangat menghargai amal seorang hamba (QS 35:30). Memang kebaikan tak perlu mengharap terima kasih. Tapi terima kasih merupakan kebaikan. Walau nampak sepele, tapi berharga. Terima kasih merupakan cerminan kerendahan hati dan kehangatan jiwa, sebagai ungkapan penghargaan kita pada orang lain. Bukankah Allah menyuruh kita membalas penghargaan orang, bahkan dengan yang lebih baik.

Terima kasih merupakan ciri hamba Allah yang pandai bersyukur. Ucapan terima kasih akan memberi energi positif bagi si penerima dan si pemberi. Cobalah ucapkan terimakasih atas sesuatu yang kecil sekali pun, hal itu tidak hanya nyaman di hati orang yang kita tuju, tapi juga akan terasa nyaman di hati kita sendiri.