Murah Meriah! Cara Alami Hilangkan Jerawat

Cara Alami Hilangkan Jerawat
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Munculnya jerawat terutama di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah pasti menjadi hal yang menjengkelkan, baik bagi pria atau wanita. Umumnya, untuk mengatasi jerawat pun digunakan berbagai obat penghilang jerawat atau salep.

Namun, jika obat penghilang jerawat dirasa tak terlalu efektif mengenyahkan jerawat, ada beberapa bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah dan bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Seperti dirangkum detikHealth, Jumat (27/6/2014) berikut ini:


1. Kulit pisang
kulit pisang
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Kulit pisang kaya akan nutrisi, karbohidrat, vitamin B6, B12, magnesium dan kalium. Tak hanya itu, kulit pisang juga bisa meningkatkan kadar gula dan energi dalam tubuh.

Nah, untuk mengobati jerawat, kombinasi kulit pisang dan madu yang digosokkan pada jerawat adalah obat rumahan terbaik untuk mengatasi jerawat dan mengurangi bekas jerawat di wajah.


2. Bawang merah
bawang merah
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Sifat anti-inflamasi pada bawang merah bisa membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri di tubuh. Dengan kandungan anti-jamur dan anti-bakterinya, bawang merah juga bisa menyembuhkan infeksi.

Agar jerawat hilang, Anda bisa menjajal mengoleskan jus bawang merah yang sudah dicampur dengan jus lemon ke jerawat Anda. Sulfur alami dan sifat anti-inflamasi bawang akan menghilangkan jerawat.

3. Bercinta
bercinta
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Mereka yang rutin melakukan hubungan intim terbukti memiliki kualitas tidur yang baik, sehingga pada akhirnya juga akan berkaitan dengan kesehatan kulit.

"Jerawat lebih banyak terjadi saat seseorang stres atau kurang tidur. Ketika Anda meningkatkan molekul-molekul anti-inflamasi dengan melakukan hubungan intim secara rutin, hal ini tentunya juga akan membantu mengobati jerawat," ujar dermatolog, Dr Amy Wechsler.

4. Lada hitam
lada hitam
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Lada hitam bisa dijadikan obat untuk mengatasi jerawat. Caranya, dengan menjadikan lada hitam sebagai masker alami. Sebagai scrub, lada hitam bisa menghilangkan sisa-sisa sel kulit mati, memperlancar jalan oksigen di dalam kulit, dan menutrisi kulit serta menjadi antibakteri bagi penyebab jerawat.


5. Kulit jeruk
kulit jeruk
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Kulit jeruk dapat menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus dan lembut. Kulit jeruk kering juga berperan sebagai exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo dengan lembut dan alami, sehingga membuat kulit semakin bersinar.

Selain itu, kulit jeruk juga membantu menghilangkan bintik-bintik gelap dan noda di kulit wajah. Karena pembersihannya tidak memberi efek radang, anti bakteri, dan anti jamur, kulit jeruk ini juga sangat baik untuk mengatasi jerawat.

6. Kunyit
kunyit
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Kandungan zat pewarna kuning (curcumin) pada kunyit diyakini memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan), antiseptik, dan pengeringan, yang semuanya dapat membantu mengobati jerawat. Jika ingin dikonsumsi langsung, ambil segelas susu hangat dan campurkan satu sendok teh kunyit ke dalamnya.

Aduk rata hingga warna susu berubah menjadi kuning. Minum sekali sehari, sebaiknya sebelum tidur. Hal ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang akibatnya tubuh akan lebih mampu melawan infeksi bakteri, sehingga cepat menyembuhkan jerawat.

Kunyit juga bisa diterapkan pada kulit secara topikal (dioleskan ke kulit) untuk mengobati dan mencegah jerawat. Caranya, oleskan bubuk kunyit yang dicampur air atau krim kunyit untuk daerah yang berjerawat sekali atau dua kali sehari setelah membersihkan kulit.

SEMOGA BERMANFAAT !!!

source:health.detik.com