Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

Lele


Jika lele diternakkan secara bersih, tentu bahaya lele bagi kesehatan dapat di hindari dan tidak akan berbahaya jika kita konsumsi.

1. Membantu perkembangan otak
Otak merupakan pusat pengatur sebagian besar sistem dalam tubuh kita, ia mengatur pikiran, perilaku, gerakan dan fungsi homeostatis tubuh seperti denyut nadi, detak jantung, suhu tubuh dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Mengingat pentingnya peran otak dalam tubuh kita maka kita semestinya dapat memberikan asupan yang terbaik untuk otak kita.

Di dalam lele terkandung omega-3 dan vitamin A yang sangat baik bagi perkembangan otak kita. Selain itu lele juga mengandung tinggi protein  yang terdiri lebih dari 25 asam amino yang berperan penting dalam proses pengiriman pesan dari satu sel otak ke sel otak lainnya.

2. Baik untuk kesehatan jantung
Penyakit jantung merupakan momok yang menakutkan bagi kesehatan kita. Pola makan yang kurang tepat adalah pemicu utama terjadinya penyakit jantung. Untuk itu kita harus pandai dalam mengatur pola makan kita. Lebih baik hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan banyak mengkonsumsi makanan kaya serat serta zat gizi baik lainnya. Dalam lele terkandung omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu lele juga mengandung kalium yang berperan dalam menjaga kadar elektrolit yang tepat sehingga jantung tetap sehat.

3. Baik untuk sistem saraf
Salah satu tugas sistem saraf dalam tubuh kita adalah menerima informasi dalam bentuk stimulasi. Apabila sistem saraf kita terganggu maka akan timbul gangguan kesehatan yang biasanya ditandai dengan sakit kepala yang sering. Anda dapat membantu menjaga kesehatan saraf kita dengan mengkonsumsi vitamin B12 sesuai kebutuhan. Daging lele merupakan sumber vitamin B12 yang baik untuk kesehatan neurologis atau sistem saraf dalam tubuh.

4. Membantu diet penurunan berat badan
Semua orang pasti menginginkan tubuh dengan berat badan yang ideal. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai berat badan ideal dan salah satunya dengan diet. Lele adalah makanan yang tak perlu anda hindari ketika menjalani dieat penurunan berat badan karena kandungan karbohidrat dan lemak lele sangat sedikit. Kandungan lemak lele jauh lebih sedikit dibandingkan lauk hewani lainnya seperti daging sapi dan ayam. Protein yang tinggi pada lele juga mampu menjadi sumber energi serta pembentukan jaringan otot.

5. Membantu proses penyembuhan luka
Apakah anda pernah mendengar bahwa tidak boleh mengkonsumsi makanan yang berbau amis saat memiliki luka atau setelah menjalani operasi karena itu akan memperlama proses penyembuhan luka?Saya harap anda tidak mempercayai itu karena itu hanyalah mitos belaka. Bisa dikatakan semua ikan itu berbau amis. Dan makanan yang berbau amis sebagian besar adalah sumber protein yang baik. Salah satunya adalah lele,  ia memiliki protein yang tinggi yang sangat berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Protein memiliki kemampuan sebagai zat pembangun, jadi ketika terjadi luka maka protein tersebut akan membantu proses pembentukan sel-sel baru.

6. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan fosfor yang cukup tinggi pada lele sangat membantu kesehatan tulang dan gigi kita. Jika asupan fosfor dalam tubuh kita kurang maka akan menyebabkan osteoporosis atau tulang keropos. Dan pada ibu hamil kebutuhan fosfor akan meningkat karena untuk pembentukan tulang janin.

7. Membantu menjaga tekanan darah
Perbandingan kalium dan natrium lele 5 : 1 sangat baik bagi kesehatan peredaran darah sehingga tekanan darah anda terjaga. Selain itu omega-3 yang terkandung dalam lele juga dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetep normal.

Tips memilih lele yang segar

1. Pilih lele yang kulitnya tidak berjamur
2. Daging lele bila ditekan keras tidak rusak
3. Tidak berbau busuk
4. Mata lele jernih, menonjol/   cembung
5. Insang lele berwarna merah
6. Sirip dan kulit lele tidak mudah sobek

Tips mengolah lele yang sehat

1. Membersihkan dan mencuci lele hingga bersih pada air yang mengalir
2. Mengolah hingga matang pada panas yang tepat untuk membunuh bakteri yang mungkin ada
3. Jika anda menghindari kolesterol lebih baik olah lele dengan pengukusan/ perebusan dan jangan di goreng

Source:halosehat.com