Sarapan Cempedak yuk

via Instagram http://ift.tt/2oZEoHj

Manfaat buah cempedak untuk kesehatan :


1. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Buah cempedak mengandung serat yang cukup tinggi, yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat membantu menjaga organ pencernaan Anda berfungsi dengan baik, yang selanjutnya dapat mencegah sembelit.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Khasiat buah cempedak yang kedua yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Salah satu cara yang paling mudah untuk memperkuat tulang dan gigi adalah dengan mengkonsumsi cempedak. Hal ini dikarenakan cempedak mengandung kalium dan fosfor yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buah cempedak untuk mata didasari karena kandungan vitamin A pada buah ini yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi cempedak secara rutin dapat memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin A, yang selanjutnya dapat menjaga kesehatan mata Anda.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu menurunkan berat badan merupakan salah satu manfaat buah cempedak yang cocok dikonsumsi ketika Anda sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung berbagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan Anda tetap stabil dan memiliki efek mengenyangkan sehingga dapat membantu Anda dalam mencegah makan makanan berlebih.

5. Mencegah Penuaan Dini

Selain menggunakan produk perawatan kulit, asupan makanan yang tepat juga dapat menjadi faktor utama untuk mecegah penuaan dini. Salah satu makanan yang bergizi yang tepat untuk Anda adalah buah cempedak. Buah ini mengandung berbagai vitamin yang dapat menjaga elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini yang tidak diinginkan.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Khasiat buah cempedak yang selanjutnya yaitu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan beberapa senyawa yang terkandung dalam buah ini dapat membantu melawan virus dan bakteri, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh serta memicu timbulnya berbagai penyakit.

7. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Seperti yang telah diketahui, minum air yang cukup merupakan salah satu cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Disamping hal tersebut, mengkonsumsi cempedak juga dapat memberi asupan air bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah cempedak mengandung banyak mineral yang dapat membantu memenuhih kebutuhan asupan air pada tubuh.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan vitamin C dalam buah cempedak dipercaya dapat menurunkan berbagai risiko penyebab kadar kolesterol darah tinggi. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan membantu kolesterol baik untuk mengalir secara lancar pada waktu yang bersamaan. Seperti yang telah diketahui, kolesterol jahat dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya.

9. Menurunkan Risiko Terkena Stroke

Khasiat buah cempedak juga dapat digunakan untuk mencegah stroke. Seperti yang telah diketahui, stroke merupakan penyakit yang lebih banyak diderita oleh orang-orang yang telah lanjut usia, tetapi juga dapat menyerang orang-orang yang masih muda. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat mengkonsumsi buah cempedak secara rutin untuk mencegah stroke.

10. Membantu Menyembuhkan Malaria

Buah cempedak juga dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit malaria. Hal ini dikarenakan cempedak mengandung suatu senyawa yang dapat membantu menyembuhkan malaria. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengkonsumsi buah cempedak yang sudah matang secara langsung, maupun dalam bentuk olahan makanan lainnya.

Efek Samping Buah Cempedak

Buah cempedak mengandung asam askorbat (bentuk vitamin C) yang dapat menimbulkan gas di dalam lambung jika dikonsumsi secara berlebihan. Terkhususnya bagi penderita maag atau radang lambung atau tukak lambung, karena dapat memicu kambuhnya gejala penyakit tersebut.

Semoga bermanfaat...

0 komentar