Atasi Diare di Musim Hujan dengan 5 Langkah Diet BRAT Ini

sakit perut
Saat musim hujan dan banjir seperti sekarang, diare sering menyerang. Obat diare memang mudah didapatkan, namun ada kalanya tak disarankan. Jangan khawatir, ada cara alami yang bisa Anda praktikkan, yakni BRAT diet.

BRAT adalah singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti panggang). Diet ini terdiri dari makanan hambar yang rendah serat untuk membantu penyembuhan diare.

Ikuti lima langkah BRAT diet dari Wikihow berikut untuk mengatasi diare:

1. Banyak minum air

Minumlah cairan bening seperti kuah kaldu, air, dan jus selama 12 jam pertama diare.

2. BRAT

Setelah 12 jam hanya minum, makanlah pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Yang paling baik menyembuhkan diare adalah pisang hijau. Sementara itu, roti panggang polos dapat mengencerkan dan menyerap cairan kotor yang tersimpan di perut.

Saus apel sendiri bisa dibuat dengan melumatkan apel dan memasaknya dengan air atau sari apel. Untuk perasa bisa ditambahkan rempah seperti kayumanis atau perasan lemon.

3. Batasi asupan serat tak larut

Beberapa jenis serat pangan tak larut dalam air. Batasilah asupannya, karena serat tersebut justru mempercepat pergerakan makanan melalui saluran gastrointestinal.

Sebaliknya, serat larut seperti pectin yang terdapat dalam saus apel memperlambat pergerakan makanan dengan membentuk gel jika terkena air. Serat dengan kekentalan tinggi lebih baik untuk diare.

4. Batasi makanan penyebab diare

Hindari makanan yang tinggi fruktosa, alkohol, serta produk olahan susu. Pada orang yang tak mengalami intoleransi laktosa, susu dapat memperburuk diare.

Pasalnya, makanan biasanya bergerak dengan lebih cepat di usus saat diare, sehingga mengurangi penyerapan laktosa. Laktosa yang tak terserap bisa menarik air ke usus besar.

5. Makan yogurt

Setelah sembuh, makanlah yogurt. Jika diare tak disebabkan oleh antibiotik, yogurt dengan kultur hidup bisa membantu mengembalikan keseimbangan di saluran pencernaan.

Seringkali penyebab diare yang berhubungan dengan antibiotik adalah karena pertumbuhan bakteri clostridium yang berlebihan. Bakteri baik dalam yogurt bisa membantu mengontrolnya.

source:detik.com