Sinar Matahari Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Sinar Matahari Turunkan Tekanan Darah Tinggi
wikipedia.org|Ilustrasi.
Terlalu banyak matahari bisa membuat kanker kulit. Namun kalau dalam jumlah cukup bisa melindungi diri dari tekanan darah tinggi. Peneliti di Inggris meneliti dosis radiasi Ultraviolent-A (UVA) yang sama dengan berjemur di bawah matahari selama setengah jam di musim panas. Hasilnya mereka yang diteliti tekanan darahnya menurun.

Ini membantu mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa membuat sakit jantung atau stroke. Banyak orang tidak sadar mereka menderita darah tinggi. Faktor penyebab darah tinggi lainnya adalah tidak olahraga, merokok dan terlalu banyak makan garam. 

Namun faktor sinar matahari bisa menurunkan tekanan darah adalah hal baru menurut Martin Feelisch, profesor eksperimental medis dan biologi integratif di University of Southampton. Memang belum jelas bagaimana sinar matahari melakukannya, peneliti mengatakan bahwa senyawa bernama nitric oxide memainkan peran untuk menurunkan tekanan darah. Sel di pembuluh darah memproduksi nitric oxide untuk melebarkan diri sehingga menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahannya sedikit namun bisa signifikan untuk melindungi diri dari sakit jantung. Tetapi banyak faktor lain belum diteliti seperti apakah tekanan darah akan naik kalau tidak terkena sinar matahari atau faktor usia, jenis kelamin dan penyakit ikut menyumbang. Penelitian ini muncul di Journal of Investigative Dermatology.  (LiveScience)|intisari-online.com