Sayur dan Buah Berwarna Merah dan Kuning Berkhasiat Antikanker dan Penuaan Dini

SAYUR DAN BUAH BERWARNA
Bermacam-macam warna sayuran dan buah-buahan tidak hanya terlihat lebih menarik. Warna sayuran juga menandakan kandungan nutrisinya. Makin beragam warna yang dikonsumsi akan makin lengkap nutrisinya.

Kombinasi unik dari vitamin, antioksidan dan bahan kimia alami di balik warna cerah sayur dan buah dapat menangkal penyakit dan memperlambat proses penuaan. Dikutip dari Family Circle (05/02/2014) inilah manfaat warna-warni sayuran.

WARNA MERAH
1. Merah
Ceri: mengonsumsi ceri baik yang kering ataupun segar, satu jam sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kadar melatonin sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Paprika: sayuran berbentuk lonceng ini mengandung lutein yang dapat mengurangi risiko degenerasi pada kulit.

Tomat: kandungan lycopene memberikan warna merah pada tomat dan juga berfungsi sebagai antikanker.









WARNA KUNING
2. Kuning
Jagung: konsumsi jagung secara teratur dan makanan lain yang mengandung beta-cryptoxanthin dapat mengurangi resiko terserang penyakit paru-paru sebesar 27 persen.

Nanas: secangkir jus nanas dapat menyediakan kebutuhan harian mangan, nutrisi penting yang dapat menyapu radikal bebas penyebab kanker dari sel.

Pisang: mengandung potassium yang dapat mencegah penyakit jantung dan mengatur tekanan darah.








WARNA ORANYE
3. Oranye
Wortel: kaya akan kandungan betakaroten. Para ilmuwan menemukan bahwa setidaknya makan satu porsi wortel setiap hari dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Ubi jalar: umbi ini mengandung vitamin A yang dapat menjaga kulit tampak lebih muda dengan membentuk sel-sel baru.











WARNA UNGU DAN BIRU
4. Ungu dan biru
Kol ungu: kubis jenis ini memiliki enam kali vitamin C dan lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan dengan kol hijau.

Blueberry: buah ini memiliki manfaat untuk menjaga otak dari penyakit demensia dan alzheimer. Konsumsi 2 cangkir dalam seminggu dapat menurunkan risiko parkinson sebesar 25 persen.

Bit: memiliki warna ungu kemerahan yang dinamai betalain yang dapat menghilangkan racun dalam tubuh.









WARNA HIJAU
5. Hijau
Brokoli: meskipun tidak dapat menggantikan tabir surya akan tetapi brokoli dapat memulihkan kulit yang kemerahan akibat sinar UV.

Bayam: selain mengandung zat besi bayam juga memiliki kandungan vitamin K yang dapat memperlambat kerusakan sel dalam tubuh.
Lime: jeruk berwarna hijau ini memiliki zat antioksidan yang dapat melawan kanker dalam aliran darah hingga 24 jam setelah dikonsumsi.






6. Buah dan sayuran berwarna putih dan hitam
Bawang putih: senyawa sulfur dalam bawang putih akan dikonversi menjadi gas yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penggumpalan darah.

Kembang kol: mengandung vitamin K dan asam lemak omega 3, mengonsumsi kembang kol secara teratur dapat menghindari peradangan kronis dan menurunkan risiko kanker dan jantung.

Blackberry: memiliki manfaat sebagai salisilat, pereda nyeri alami, menenangkan kram perut dan mengurangi sakit akibat aterosklerosis.

Kismis: mengonsumsi kismis dan makanan lain yang mengandung mineral dapat memberikan efek sebagai terapi estrogen untuk menyeimbangkan hormon saat menopause.

source:food.detik.com