Nyaman Berwisata Saat Hamil
Melakukan perjalanan selama hamil tentu sangat tidak nyaman apalagi ketika harus berpergian jarak jauh. Sejauh tidak ada komplikasi atau perhatian lebih terhadap kondisi kandungan anda, secara umum bepergian bagi ibu hamil di fase awal kehamilan adalah aman. Namun tak ada salahnya Anda menjalankan kiat-kiat tertentu agar perjalanan tersebut menjadi aman dan menyenangkan.

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan saat melakukan perjalanan selama hamil :




Lakukan Pemeriksaan


Sebelum Berpergian pastikan Anda melakukan check-up ke dokter kandungan. Jangan berangkat sebelum Anda mendapatkan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter kandungan. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda miliki asuransi perjalanan untuk melindungi kehamilan Anda dari berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

Perlindungan asuransi tersebut meliputi perawatan medis ketika melahirkan, melahirkan bayi secara prematur, dan biaya perubahan jadwal perjalanan pulang jika Anda tiba-tiba melahirkan di tempat tujuan.


Pilih Waktu Yang Tepat


Momen yang terbaik untuk melakukan perjalanan bagi wanita hamil adalah pada periode 14 dan 28 minggu masa kehamilan. Sebaiknya Anda mencari tahu fasilitas perawatan kesehatan apa saja yang terdapat di tempat tujuan, untuk berjaga-jaga apabila Anda membutuhkan pertolongan medis yang mendesak.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk membawa catatan medis agar Anda dapat memberikan informasi relevan mengenai riwayat kehamilan kepada dokter jika diperlukan.


Utamakan Kenyamanan


Mengingat Anda tengah berbadan dua, sebaiknya gunakan pelengkapan yang nyaman. Misalnya pilih sepatu atau sandal dengan hak rata, gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, dan jangan membawa barang yang berlebihan.


Usahakan Rileks dan Jangan Tegang


Perjalanan jauh bagi ibu hamil mungkin sedikit menjenuhkan dan melelahkan. Untuk itu sebaiknya lakukan kegiatan yang bisa mengusir kebosanan. Musik bisa membuat ibu hamil lebih rileks, selain itu musik juga dapat memberi ketenangan untuk si jabang bayi.


Bawa Selalu Makanan dan Minuman


Bagi ibu hamil jangan berpergian dengan perut kosong. Bawalah beberapa makanan kecil untuk mencegah mual, karena selama kehamilan anda tak pernah tahu kapan anda menjadi lapar. Pilih cemilan yang bergizi dan tentunya tidak berbahaya untuk kandungan. Untuk air minum, pilih air minum kemasan agar lebih praktis dan terjamin kualitasnya.


Bepergian Dengan Kendaraan


Jika lewat darat, pastikan pilih kendaraan yang nyaman. Bila anda harus memilih bis atau kereta, pilihlah bepergian dengan kereta. Pesan tempat duduk di gang agar anda mudah ke toilet karena ibu hamil gampang buang air kecil.

Bila Anda melakukan perjalanan dengan pesawat, saat memesan tiket informasikan kepada petugas tentang kehamilan anda. Pilihlah kursi dengan ruang yang cukup bagi kaki untuk mempermudah anda bangkit jika ingin menuju kamar kecil. Gerakkan kaki setiap 15 menit mengingat ibu hamil sering mengalami kejang kaki akibat penggumpalan di pembuluh darah balik akibat terlalu lama duduk. Diantaranya dengan meluruskan kaki, memutar pergelangan kaki, menggerakkan ibu jari.

Jangan lakukan perjalanan dengan menggunakan kapal laut karena sangat riskan bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh. Bila terpaksa pastikan ada dokter di kapal dan kapal memiliki cukup fasilitas medis untuk mengatasi ketidaknyamanan anda. Kapal biasanya memiliki panduan keamanan bagi wanita hamil, pergilah temui petugas khusus ini untuk membuat perjalanan anda lebih nyaman.

Semoga Bermanfaat!!!


(Berbagai Sumber)

0 komentar