5 Tanda Gagal Jantung

awas jantung
Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung. Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung?  



1. Mudah lelah

Pasien dengan gagal jantung umumnya mengeluh cepat lelah. Pada kasus gagal jantung tahap awal, maka kelelahan yang terjadi masih minimal. Namun seiring semakin berat keadaan gagal jantung pasien, maka keluhan mudah lelah juga akan semakin berat. Umumnya pasien mengeluh lelah hanya dengan melakukan aktivitas sehari-hari yang seharusnya tidak melelahkan. Bahkan pada keadaan  gagal jantung tahap akhir, pasien tidak dapat melakukan aktivitas fisik sehari-hari. 

2. Sesak nafas

Sesak nafas juga merupakan gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa pada pasien dengan gagal jantung terjadi kegagalan dalam memompa darah. Hal ini akan menyebabkan akumulasi di ruang jantung dan pada akhirnya akan berbalik ke aliran darah paru. Hal inilah yang akan menyebabkan keluhan sesak nafas pada pasien. Pasien menjadi mudah lelah dan mengeluh sesak, khususnya jika sedang beraktivitas. 

3. Lebih suka tidur dalam posisi tinggi atau dengan dua-tiga bantal

Pasien dengan gagal jantung lebih memilih untuk tidur dengan dua-tiga buah bantal kepala. Jika pasien tidur dengan satu bantal atau telentang, keluhan sesak nafas lebih sering timbul. 

4. Bengkak di beberapa bagian tubuh

Akibat kegagalan dalam memompa darah, maka akan terjadi penumpukan cairan pada berbagai bagian tubuh, misalnya di bagian kaki dan perut. Hal ini akan menyebabkan pasien terlihat mengalami pembengkakan. 

5. Lemas

Pada pasien gagal jantung, aliran darah ke berbagai bagian tubuh tidak optimal. Hal ini akan menyebabkan berbagai keluhan seperti pasien merasa lemas, dan bagian tubuh seperti tangan terasa dingin.

Jika Anda memiliki keluhan yang dipaparkan diatas, tentu tidak serta merta Anda menderita gagal jantung. Untuk memastikan diagnosis diperlukan pemeriksaan lengkap pada diri Anda. Jika Anda merasa ada kemiripan gejala yang dipaparkan pada artikel ini dengan yang Anda alami, coba konsultasikan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

source: klikdokter.com

0 komentar